Sejarah Perjalanan Singkat Brankas Sebagai Media Penyimpanan Terbaik

Sejarah Perjalanan Singkat Brankas Sebagai Media Penyimpanan Terbaik – Brankas merupakan kata yang sudah tidak asing lagi di telinga kita. Saat orang lain mengatakan brankas, atau kita tidak sengaja mendengarkan kata brankas maka kita akan secara otomatis membayangkan sebuah kotak besi tebal yang ditutup dengan kunci yang memiliki kode tersendiri sehingga memiliki tingkat kesulitan yang sangat tinggi untuk dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab.

Dengan berbagai fungsi dan kelebihan yang ditawarkan oleh brankas seperti mengamankan uang, mengamankan logam mulia, mengamankan dokumen, atau mengamankan barang berharga lainnya membuat brankas laris diburu oleh konsumen. Meskipun harga brankas cukup tinggi, namun tetap tidak menghalangi para konsumen brankas untuk memiliki kotak penyimpanan ini karena memang brankas memiliki tingkat keamanan yang sangat tinggi sehingga mampu memberikan jaminan barang berharga konsumennya aman saat disimpan di dalam brankas baik itu aman dari pencurian atau aman dari bencana.

Brankas, merupakan sebuah kotak kecil seperti lemari kecil yang umumnya berbentuk kubus atau balok. Kata brankas sendiri ternyata bukan berasal dari kata inggris, namun kata brankas ternyata berasal dari bahasa belanda yaitu gabungan dua kata belanda branden dan kast. Branden sendiri memiliki makna kebakaran, dan kast memiliki makna lemari. Jika diterjemahkan menjadi lemari kebakaran, atau bisa juga diartikan menjadi lemari yang tahan dari bencana kebakaran. Sementara istilah lain yang dikenal untuk menyebut brankas berasal dari bahasa inggris yaitu safes. Meskipun untuk orang Indonesia lebih mengenal istilah brankas dalam penyebutannya dibandingkan dengan safes.

Ternyata brankas mulai muncul semenjak abad ke 19 yang diawali oleh William Marr di tahun 1834. Kemudian di tahun 1840 kembali muncul seorang perancang brankas bernama Thomas Millner yang memperkenalkan brankas atau safes yang memiliki ruang dengan lapisan ganda. Kemudian di tahun 1900an hingga sekarang brankas memiliki banyak sekali peningkatan baik dari bahan pembuatannya dan juga sistem kunci atau sistem pengamanannya. Dimana saat ini brankas tidak hanya mengandalkan sistem keamanan manual atau analog. Beberapa model brankas saat ini sudah menggunakan sistem keamanan atau kunci digital yang semakin memanjakan konsumennya dalam mengakses barang berharga yang mereka miliki.

Itulah sejarah singkat brankas yang mudah-mudahan bisa menambah wawasan kita mengenai brankas. Banyak merk brankas yang bisa anda pilih untuk mengamankan barang berharga anda di rumah yang bisa anda pilih sesuai dengan selera dan kebutuhan masing-masing.

 

 

 

 

Artikel Lainnya